Gimana Cara Mencairkan Uang Dari YouTube? Simak Tutorialnya!

Cara Mencairkan Uang Dari YouTube

Cara Mencairkan Uang dari Youtube – Anda bisa mendapatkan uang dari platform media sosial apabila mampu memanfaatkannya dengan baik, salah satunya adalah YouTube. YouTube terkenal dapat memberikan komisi kepada pemilik channel. Para content creator YouTube terkenal mampu memeroleh pendapatan dari YouTube mulai dari jutaan hingga ratusan juta rupiah.

Apabila Anda memiliki hobi membuat konten video dan berniat ingin memeroleh komisi dari video yang Anda buat, Anda bisa memanfaatkan platform YouTube. Anda bisa menjadikan YouTube sumber pendapatan utama atau sampingan dengan membuat video. Bagi Anda yang berminat mendapatkan uang dari YouTube, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Cara Mendapatkan Dan Mencairkan Uang Dari YouTube

Dapatkan Akses AdSense Terlebih Dahulu

Dua hal utama sebagai jalan mendapatkan monetize dari pihak YouTube yaitu upload video dan memiliki akun Google AdSense. Apabila kedua hal tersebut sudah Anda miliki maka Anda bisa melakukan kolaborasi dua produk Google tersebut untuk mendapatkan uang. Apabila AdSense account Anda telah di verifikasi Google maka Anda telah bisa mendapatkan penghasilan.

Ada tiga metode yang digunakan untuk mencairkan dana dari akun Google AdSense, yaitu menggunakan Western Union atau WU, menggunakan cek (khusus di Amerika), dan menggunakan transfer kawat atau transfer antar bank. Anda bisa menentukan metode mencairkan uang apabila Anda berhasil memeroleh pendapatan dari YouTube minimal 100 dollar Amerika.

Cara Mencairkan Dana Menggunakan Western Union (WU)

Ada tiga syarat yang wajib Anda lakukan apabila ingin mencairkan pendapatan YouTube melalui Western Union. Anda harus menyiapkan identitas berupa KTP atau SIM yang sesuai dengan identitas akun AdSense Anda. Selanjutnya, Anda harus mengisi formulir WU yang bisa diperoleh di agen WU. Terakhir, Anda harus mencetak bukti dari Google di akun AdSense Anda.

Bukti pencairan dari akun AdSense Anda harus mencangkup Kode MTCN atau PIN yang digunakan untuk pencairan dana. And bisa melakukan pencairan dana melalui agen Western Union, misalnya kantor pos, penggadaian, minimarket, dan agen Western Union lainnya. Pencairan dana biasanya tidak dipungut biaya. Disarankan untuk mencairkan dana di kantor pos karena dinilai lebih aman.

Cara Mencairkan Dana Menggunakan Rekening Kawat Atau Transfer Bank

Mencairkan pendapatan dari YouTube menggunakan rekening kawat atau transfer antar bank hanya berlaku bagi pemilik akun AdSense IDR. Anda harus memiliki rekening bank sebagai syarat mencairkan dana dari YouTube. Apabila tidak memiliki buku tabungan maka diperkenankan untuk memakai rekening bank milik orang lain asalkan dapat dipertanggungjawabkan.

Apabila Anda memilih cara mencairkan uang YouTube lewat cara ini maka Anda umumnya akan dikenai biaya administrasi. Besar biaya administrasi berbeda-beda tergantung aturan yang ditetapkan oleh bank terkait. Transfer pendapatan akan otomatis dikirimkan ke rekening bank yang tertera di setting akun AdSense pemilik channel YouTube.

Tunggu Pembayaran Di Minggu Ketiga Setiap Bulannya

Umumnya YouTube akan “menggaji” para content creator di tanggal 21-25 setiap bulannya. Anda bisa dengan sendiri mengecek saldo Anda di akun AdSense. Agar saldo Anda memenuhi persyaratan minimal untuk dicairkan maka sambil menunggu Anda bisa terus membuat video menarik dan upload di channel YouTube Anda.

Nah, penjelasan mengenai cara mencairkan pendapatan dari YouTube diatas sudah cukup jelas, bukan? Apabila Anda ingin memeroleh pendapatan maksimal dari YouTube maka Anda harus memberikan usaha yang maksimal juga. Buatlah konten menarik yang mampu mengundang banyak viewer untuk berkunjung di channel YouTube Anda.

Share: