Cara Mendapatkan Uang dari Blog Ataupun Situs yang Terawat

Inilah Sumber Penghasilan dari Blog atau situs yang terawat – Istilah blog tentu saja sudah tidak asing lagi untuk di telinga kamu bukan? Nyatanya banyak orang yang kemudian memberdayakan blognya dan kemudian diisi dengan tulisan-tulisan menarik dengan topik pembahasan tertentu. Kamu dan mereka yang menulis di blog itu kemudian dinamakan blogger. Tahukah kamu bahwa ada bermacam-macam tujuan menulis di blog. Salah satunya adalah uang.

Kamu harus tau, memang tidak banyak yang ambil pusing tentang penghasilan di blog. Namun tetap saja bagi yang benar-benar menekuni, tentu cukup berharap blog yang dibuatnya bisa berkembang dan bukan tidak mungkin untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Jadi, sebenarnya blog itu bisa kamu jadikan investasi lho. Bayangkan saja jika blog kamu terus berkembang dari hari ke hari.

Namun di samping itu, kamu harus tau betul bagaimana bisa menghasilkan uang dari blog. Kamu tentu bertanya, apa sih yang membuat blog bisa menghasilkan uang? Pertanyaan ini tentu saja kerap kali muncul. Apalagi bagi kamu yang baru melek soal dunia blogging. Saat kamu memutuskan jadi seorang blogger tentu saja harus lebih giat mencari informasi yang mendalam tentang itu.

Langkah-Langkah Memulai Sebuah Blog

Memilih Platform Blog

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika memulai membuat sebuah blog adalah menentukan platform blog. Nah, menentukan platform ini tentu bukanlah hal yang sulit. Tidak serumit yang dibayangkan. Namun kebanyakan bukan tidak mungkin, kamu sebagai blogger pemula akan dilanda kegalauan ketika memahaminya. Nah, kalau sudah ketemu yang cocok, barulah dilanjutkan.

Tentukan Nama Domain dan Juga Hosting

Tentu saja tidak sampai pada menentukan platform karena selanjutnya kamu harus tentukan domain dan juga hosting. Domain ini adalah alamat blog supaya blog punya alamat rumah secara online. Tiap blog punya domain sendiri-sendiri. Jadi, sangat dianjurkan supaya kamu bisa pilih domain yang belum digunakan orang lain supaya blog kamu itu nggak seperti nyontek dari orang lain.

Kamu wajib tau, bahwa blogger memang harus cerdas dalam menentukan nama blog. Kamu harus keluarkan ide kreatif biar bisa dapat domain yang menarik dan mudah ditemukan pembaca. Ups, sebelum benar-benar menentukan nama blog, ada baiknya kamu mengetahui cara memilih web hosting. Bisa belajar otodidak pasal itu.

Konfigurasi Blog

Berikutnya ialah mengkonfigurasi blog. Kamu akan masuk ke tahapan ini ketika blog kamu sudah jadi. Kamu akan diperkenalkan dengan banyaknya menu pada dashboard. Menu yang ada disana harus kamu pahami satu-satu supaya bisa nulis. Namun tidak perlu khawatir jika di awal-awal kamu masih meraba, banyak tutorial yang bisa kamu pelajari. Silakan saja cari di Google.

Desain Blog

Setelah hafal tuh menu dan fungsinya, maka kamu wajib buat desain blog. Hal ini penting banget buat sisi visual blog kamu. Bayangkan aja kalau blog kamu monoton dan nggak ada sisi menariknya. Siapa yang mau baca? Tentu aja akan buat bosan. Nah, mulailah membuat desain yang bagus. Jika memang kurang ahli, bisa memanfaatkan jasa desain blog yang banyak ditemukan dimana-mana, yang nantinya akan dapatkan kembali modal yang telah dikeluarkan melalui penghasilan dari blog.

Mulailah Menciptakan Konten yang Bermanfaat

Percuma kalau kamu buat blog namun isinya nggak jelas. Untuk itu, yang namanya azas kemanfaatan sangat penting untuk diperhatikan. Banyak dari mereka yang terfokus pada uang namun tidak memperhatikan seberapa bermanfaat konten yang telah dimuat di dalam blog. Itu bukanlah prinsip yang betul. Pokoknya ingat aja prinsip yang bagus akan dapat hasil bagus. Udah, selesai.

Membangun Kedekatan dengan Pembaca

Ingat, blogger itu seakan mati tanpa pembaca. Ya, itu harus dicamkan dalam hati. Jadi gimana donk? Ya, kamu harus pandai-pandai mendekatkan diri sama pembaca.

Kalau ada respon berupa komentar maupun masukan, jangan biarkan gitu aja, kamu harus balas. Itu baru blogger yang cerdas namanya. Bisa bayangin kan, kalau orang mau kasi komentar, itu tandanya ia udah berkunjung dan baca tuh tulisan.

Menemukan pembaca

Langkah berikutnya adalah kamu haru temukan pembaca. Gimana caranya nemuin tuh pembaca? Ya kamu harus promosi donk. Tidak ada gunanya jika kamu diam tanpa usaha merekrut para pembaca. Sebab pada prinsipnya, penghasilan dari sebuah blog itu nggak akan jauh-jauh dari jumlah pembaca di dalam blog tersebut. Jadi, mulailah promosi, promosi dan promosi. Manfaatkan media sosial.

Tentu kamu udah punya donk yang namanya medsos alias media sosial. Saat ini media sosial memang bisa dijadikan sebagai media promosi yang mantap banget. Terlebih lagi bagi kalau kamu udah punya banyak teman atau pengikut di media sosial. Untuk itu, jeli lah melihat kesempatan yang ada di depan mata. Promosikan blog yang bersangkutan supaya banyak yang membacanya.

Inilah Sumber Penghasilan dari Blog

Iklan

Nah, sumber pendapatan dari blog yang udah umum banget adalah iklan. Banyak sekali blogger yang memulai dengan cara ini. Saat traffic naik, maka blogger sudah bisa bertemu dengan pengiklan yang akan mengeluarkan sejumlah biaya untuk produk dan layanan mereka supaya banyak dilihat oleh orang dan kemudian membuka kesempatan bagi mereka untuk tertarik pada iklan tersebut.

Traffic yang baik sangat diperlukan dalam iklan di blog. Makanya di awal tadi udah disinggung soal penting pembaca di blog kamu. Meskipun begitu, ada iklan jaringan bernama Google AdSense yang memungkinkan terbitan skala kecil untuk memasang iklan di blog mereka. Silakan aja dicoba.

Promosi Afiliasi

Selanjutnya ialah pemasukan dari afiliasi. Kalau bicara afiliasi, itu artinya kamu akan kerjasama sehingga dengan pihak tertentu yang kemudian membuat sebuah tautan dalam blog kamu. Tautan tersebut ketika di klik akan diarahkan pada situs lain tempat dijualnya produk tersebut. Komisi adalah istilah paling mainstream untu ini. Ketika terjadi penjualan dari tautan yang diberikan, jelas donk, kamu bakalan dapat komisi dari pemasaran afiliasi.

Mengadakan event

Walaupun bukan menjadi penghasilan yang utama, tetap saja dengan mengadakan event bisa membuat kamu para blogger dapat uang. Hal ini bisa bersumber dari penjualan tiket ataupun sponsor yang bakalan kamu dilibatkan di acara tersebut.

Recurring Income

Kategori lain dari pemasukan kamu sebagai seorang blogger ialah recurring income. Lebih keren lagi disebut sebagai continuity program. Biasanya para pembaca akan membayar sejumlah uang secara berkala bulanan maupun tahunan guna mendapatkan akses premium dari sebuah tulisan yang kamu buat.

Jasa Maupun layanan

Hey, berikutnya masih ada layanan dan juga jasa yang bisa kamu jadikan sumber penghasilan blog. Penawaran jasa ke pembaca adalah salah satu jenis pemasukan yang cukup umum dari seorang blogger. Biasanya bisa berbentuk pelatihan, penulisan, konsultasi, layanan freelance dan masih banyak lagi yang lainnya. Tentu semuanya bisa dimaksimalkan dengan menghasilkan konten yang menarik untuk dibaca.

Produk

Sebagian besar blogger bisa mendapatkan penghasilan dari penjualan buku. Memang hal yang seperti ini memang butuh waktu untuk membuatnya. Namun, jika benar-benar ditekuni, ini sangat menguntungkan lho. Produk yang bisa kamu jual juga beragam, misalnya produk virtual seperti laporan, software. Bukan Cuma itu, kamu juga bisa jual e-book.

Pendapatan langsung

Nah, aliran lain pendapatan blogger ialah pendapatan langsung. Kamu, para blogger bisa menaruh iklan AdSense di blog mereka dan mempromosikan berbagai produk di Amazon sebagai afiliasinya. Semakin banyak yang membaca, tentu saja aliran pendapatan akan semakin besar. Untuk bisa bereksperimen, blogger bisa menjual ikan secara langsung ke pengiklan.

Pendapatan Tidak Langsung

Ketika blog sudah mampu berkembang dan memiliki traffic yang bagus, maka saatnya kamu untuk membuat acara ataupun event. Misalnya saja menjual jasa sebagai konsultan maupun membuka kesempatan agar bisa menjadi seorang penulis dari penerbit.