Jangan Ditiru, Inilah Kesalahan-Kesalahan Youtuber Pemula

Jadi seorang Youtuber tampaknya merupakan pekerjaan impian bagi generasi muda masa kini. Hanya bermodalkan posting video, kamu bisa dikenal banyak orang sekaligus dapat banyak uang. Tak heran kalau profesi Youtuber kini semakin menjamu di kalangan milenial. Namun tampaknya para Youtuber pemula ini lebih sering melakukan kesalahan yang tidak penting.

5 Kesalahan Fatal Youtuber Pemula Yang Jangan Kamu Lakukan

Sembrono Bikin Video

Inti dari Youtube adalah konten video, semua tahu itu. Namun jika ingin jadi Youtuber, kamu harus bisa bikin video berkualitas. Video berkualitas itu memiliki konten yang unik, bukan reupload. Kamu juga harus menuliskan penjelasan deskripsi, tag hingga thumbnail dan judul menarik untuk ditonton. Perhatikan juga aspek-aspek saat syuting supaya video yang kamu makin diperhatikan.

Memang untuk bikin video bagus membutuhkan kamera yang berkualitas pula, tapi ada beberapa trik rahasia untuk membuat video menarik dengan peralatan sederhana. Pahami juga aturan konten video di Youtube seperti melarang bikin video yang mengandung pornografi atau SARA. Jangan ngotot unggah video yang gambarnya kabur, suara tidak jelas atau gelap yang bikin malas ditonton.

Doyan Promosi Spam

Melakukan promosi channel Youtube demi memperoleh subscriber baru adalah hal normal. Namun jangan pernah kamu spam di video orang lain dengan membanjiri kolom komentar untuk mengajak orang lain menonton kontenmu. Hal ini malah bikin penonton generik ogah menonton dan melaporkan akunmu ke Youtube karena dianggap mengganggu.

Tidak Konsisten

Untuk menjadi Youtuber aktif, kamu harus rajin mengurus channel. Salah satunya adalah konsisten memposting video. Bikin jadwal khusus untuk mengunggah video tutorial atau vlog agar penonton bisa mengetahui jadwalnya. Jangan tiba-tiba jadi malas posting karena videomu yang sebelumnya cuma ditonton sedikit orang, karena orang-orang sukses adalah yang pantang menyerah, inilah kesalahan yang paling banyak ditemukan youtuber pemula.

Malas Belajar

Belajar adalah inti dari seluruh kesuksesan di dunia ini, begitu juga jika ingin jadi Youtuber kondang. Jangan malas-malas untuk mencari tahu video jenis apa yang tengah disukai penonton, agar kamu makin kaya informasi. Perhatikan channel Youtuber sukses dan simak cara mereka membuat konten lalu coba kamu terapkan ke konten videomu.

Perkaya informasi dengan trik-trik jadi Youtuber sukses yang bisa dengan mudah kamu temukan di internet. Beberapa hal penting yang malah sering enggan dilakukan Youtuber pemula adalah cara syuting video berkualitas, cara bicara yang simpatik di depan kamera hingga optimasi SEO di Youtube. Jangan sombong dulu saat videomu viral, karena kamu harus terus belajar.

Pengen Kaya Tapi Nggak Ngerti AdSense

Yap, kunci uang dari Youtube adalah keberadaan iklan Google AdSense. Untuk itu bagi kamu yang ingin kaya sebagai Youtuber, wajib tahu aturan-aturan AdSense. Di awal tahun 2018 ini, AdSense hanya akan diberikan pada mereka yang minimal punya 1.000 subscriber dan 4.000 total jam video yang ditonton. Channel kamu juga harus punya minimal tiga video agar bisa diuangkan.

Ketahui juga jika Google menerapkan aturan ketat perihal video yang ingin diuangkan, seperti dilarang menggunakan latar belakang musik milik hak karya orang lain, tidak boleh memiliki unsur ketelanjangan, terorisme dan kekerasan. Untuk itulah kamu jangan terburu-buru me-monetize channel sebelum memastikan punya video berkualitas.

Hal inilah yang akhirnya membuat Youtuber pemula wajib memiliki naskah dan konsep yang matang sebelum memposting video. Jika semua kesalahan di atas sudah kamu pahami dengan tepat, bukan tak mungkin dalam waktu singkat kamu sudah jadi Youtuber kondang dan dapat banyak uang.

Baca Juga Cara Mencetak Uang dari Menjadi Youtuber

Share: