Sebelum Mulai Gabung Marketing Afiliasi, Ketahui 9 Kesalahan yang Harus Dihindari

Marketing afiliasi yang kamu jalani tidak berjalan baik? Mungkin kamu melakukan kesalahan tertentu. Kebanyakan orang melakukan beberapa kesalahan yang menjadikan pekerjaan afiliasinya tidak menghasilkan uang secara maksimal. Jika hal ini terjadi padamu kamu perlu tahu beberapa hal yang bisa menyebabkan usahamu tidak berjalan dengan optimal. Berikut ini pembahasannya.

Kesalahan yang Sebaiknya Tidak Dilakukan saat Melakukan Marketing Afiliasi

Hanya Fokus Menjual

Memang benar bisnis ini tugas utamanya adalah melakukan pemasaran produk. Tapi kamu akan kesulitan mendapat pelanggan atau menarik konsumen bila fokusmu hanya pada menjual produk. Kamu juga harus memberi bantuan pada konsumen untuk mereka memutuskan membeli produk atau tidak. Bila ada yang penasaran dan bertanya, kamu perlu memberi respon yang tepat.

Terlalu Banyak Mengikuti Program Afiliasi

Jika kamu salah satu yang berpendapat bahwa semakin banyak mengikuti marketing afiliasi maka penghasilan akan makin besar. Kamu kelihatannya harus berpikir ulang, afiliasi akan lebih menguntungkan dan terarah bila dijalankan dengan baik. Bila kamu membebani diri dengan terlalu banyak mengikuti marketing afiliasi kamu akan kesulitan memenuhi tugasmu. Jadi ambil sesuai kemampuanmu saja ya!

Melebih-lebihkan

Beberapa orang melebih-lebihkan produk yang dijualnya. Padahal ini rentan membuat konsumen menjadi curiga dan dapat mengurangi rasa percaya mereka. Kamu juga berisiko kehilangan konsumen bila kenyataannya produk tidak sesuai yang tertulis. Untuk lebih menjual produkmu, kamu lebih baik melakukan perbandingan produk. Dengan begitu, kamu dapat menonjolkan produkmu dan menarik minat konsumen. Inilah kesalahan yang sering terjadi di marketing afiliasi.

Konsisten

Beberapa orang yang menjalani bisnis ini sering tidak fokus dan tidak konsisten dalam menjual produk. Kebanyakan orang tersebut mudah teralih pada produk lain yang lebih menguntungkan dan meninggalkan produk lamanya. Kamu jangan ikut-ikut ya! lebih baik kamu tetap menjaga kekonsistenan produk lamamu. Sehingga tidak kehilangan pelanggan.

Kurang Memahami Produk

Bagaimana kamu dapat menjual produk yang kamu sendiri tidak tahu? Ini tentu jadi kesalahan fatal. Kesalahan ini bisa berakibat kamu akan kehilangan pelanggan. Jangan biarkan hal ini terjadi. Kamu harus memahami betul produk yang kamu jual, baca informasi produk dengan detail. Bila kurang, kamu bisa bertanya pada penjual dari produk yang kamu pasarkan.

Tidak Punya Situs

Kesalahan lain yang sebaiknya kamu hindari adalah melalaikan pembuatan situs. Bila alasanmu tidak membuat situs karena masalah biaya, kamu bisa menggunakan website yang gratisan. Asal kamu tahu, pembuatan situs bukan sekadar gaya-gayaan. Kamu perlu membuat situs agar meningkatkan kepercayaan konsumen. Serta membuka peluang lebih besar untuk menarik konsumen.

Jangan Memilih Program yang Menerapkan Batas Pembayaran yang Besar

Bila kamu sebelumnya tidak mempertimbangkan hal ini, maka ini saat yang tepat. Kamu sebaiknya tidak memilih marketing afiliasi yang menetapkan batas pembayaran yang tinggi. Hal ini berarti bila batas tersebut belum terpenuhi kamu, tidak bisa mencairkan komisi. Lebih baik cari marketing afiliasi yang batasannya rendah atau bahkan tidak menerapkan pembatasan pembayaran.

Minat Produk

Kesalahan lain yang sering dilakukan yakni tidak punya minat pada produk. Bila kamu tadinya sembarang saja memilih produk, kamu harus merubah sikap ini. Kamu sebaiknya memilih produk yang kamu minati atau kamu punya ketertarikan pada tema produk, misalnya produk kecantikan, kesehatan, teknologi, dan lainnya. hal ini bertujuan untuk membuatmu lebih termotivasi untuk menjual produk.

Baca Juga Cara Agar Mendapatkan Endorsement di Instagram

Tidak dapat Mempertahankan Pengunjung Situs

Jika pada situs jualanmu kamu sebelumnya hanya menaruh review dan memasang link, kemudian meminta pengunjung untuk memasuki link. Kamu harus merubah hal ini, orang cenderung tidak menyukai penjualan yang terlalu mengarahkan. Kamu bisa menyiasati hal ini dengan menuliskan artikel informatif yang pada akhir bagian menyertakan link yang mau kamu sebar.

Ada kesalahan yang sering dilakukan para pelaku marketing afiliasi. Kamu sebaiknya dapat menghindari kesalahan ini agar pekerjaanmu berjalan dengan baik. Kesalahan tersebut yaitu tidak memahami produk, tidak berminat, tidak punya situs, dan kesalahan lainnya.

Share: