6 Tips Sukses Marketing Afiliasi Melalui Instagram

marketing afiliasi instagram

Marketing afiliasi di Instagram telah membuka pintu bagi perusahaan dan influencer untuk bekerja sama secara kreatif. Melalui program afiliasi, influencer mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang mereka rujuk ke website sebuah brand. Di sisi lain, manfaat bagi brand tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap produk mereka. Mari simak tips afiliasi marketing Instagram yang efektif

Mengoptimalkan Follower dan Sponsor Marketing Afiliasi Melalui Instagram

Meningkatkan Jumlah Follower

Apakah jumlah follower Anda sudah cukup? Jika belum, ini saatnya meningkatkan jumlah follower Instagram Anda tersebut. Beberapa caranya antara lain konsisten dengan niche Anda, aktif memposting setidaknya sekali dalam satu hari, ikuti kembali atau follow back, cepat dalam merespon komentar atau pesan langsung, serta berinteraksi dengan pengguna Instagram lain agar orang mengerti Anda.

Bayar Konten Iklan yang Disponsori

Ini adalah pilihan yang layak dipertimbangkan jika Anda ingin benar-benar mempromosikan produk Anda. Mulailah dengan iklan foto karena ini merupakan jenis konten yang paling umum di Instagram. Lalu, buat juga iklan video. Sertakan produk Anda dalam foto dan video tersebut.

Anda pun bisa memanfaatkan Story atau Cerita Instagram untuk memposting foto dan video dengan mencantumkan link produk. Jangan lupa tambahkan lokasi dan stiker hashtag agar Cerita Instagram Anda lebih mudah ditemukan.

Memanfaatkan Fitur Dasar Instagram

Berjualan Menggunakan Instagram untuk Bisnis

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, Instagram telah memberikan kemudahan untuk beralih antara akun pribadi dan bisnis Anda. Keunggulan memiliki profil bisnis bagi Anda adalah bisa melihat analytics tentang postingan Anda. Dengan akun bisnis, Anda pun dapat mempromosikan produk untuk target audiens secara lebih mudah.

Menggunakan Hashtag untuk Mendapatkan Jangkauan Lebih

Sebaiknya Anda mulai membiasakan memakai hashtag atau tanda pagar (tagar), karena dapat membawa perbedaan yang signifikan. Jika mencantumkan hashtag, maka Anda bisa meningkatkan kemungkinan audiens menemukan postingan Anda, sehingga menambah suka dan komentar. Kuncinya adalah, gunakan hashtag yang sesuai dengan niche Anda. Pelajari juga hashtag yang digunakan oleh kompetitor Anda.

Memberikan Penawaran Menarik untuk Pelanggan

Mempelajari Keinginan dan Kebutuhan Pelanggan

Anda bisa mengetahui apa yang diinginkan oleh audiens Anda dengan beberapa cara. Di antaranya seperti menggunakan stiker jajak pendapat atau voting di Cerita Instagram, yang mana jauh lebih mudah. Cara ini memudahkan Anda mendapatkan umpan balik tentang produk yang Anda promosikan, atau mendapatkan lebih banyak ide dari audiens.

Buat survei dengan mengajukan pertanyaan beserta dua jawaban untuk pilihan suara. Jajak pendapat ini akan berlangsung selama 24 jam. Bila perlu, lakukan campaign afiliasi Anda sesuai dengan hasil yang diperoleh dari jajak pendapat tersebut.

Meningkatkan Penjualan dengan Kode Kupon

Pelanggan Anda sangat menyukai promosi dan penawaran, termasuk juga para pengguna Instagram. Jadi, Anda bisa menawarkan kode kupon sebagai cara untuk menarik lebih banyak follower dan meningkatkan angka penjualan produk Anda.

Kabar baiknya, untuk afiliasi yang ingin memberlakukan kupon eksklusif, tanpa menautkan link juga bisa dilakukan. Beberapa kode kupon tidak harus diklik untuk dapat dilacak oleh jaringan afiliasi.

Instagram memiliki banyak potensi yang belum dimanfaatkan secara maksimal untuk pemasaran afiliasi. Hal tersebut dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan audiens secara signifikan, dan menghasilkan pendapatan yang lebih besar. Hal yang penting adalah menguasai teknik dan seni marketing Instagram, jika Anda ingin membawa kesuksesan bagi bisnis afiliasi Anda. Semoga berhasil.

Share: