Pengin Mendapatkan Uang Dari YouTube? Baca Dulu Syarat Pentingnya

Kesempatan memperoleh pemasukan dari platform media sosial ternyata cukup menjanjikan. Banyak orang cukup tergiur dengan tawaran membuat konten lalu upload di media sosial dan mendapatkan keuntungan. Konten yang Anda upload tentunya harus menarik dan memiliki ciri khas sehingga mengundang viewer untuk mampir ke channel YouTube Anda bisa mendapatkan uang.

Pemasukan yang diperoleh dari media sosial juga tidak main-main. Anda bisa mendapatkan ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah apabila dapat memanfaatkan keberadaan media sosial dengan baik. Bagi Anda yang tertarik mendapatkan uang dari YouTube, simak beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi agar bisa memeroleh pundi-pundi kekayaan dari media sosial.

Syarat Penting Mendapatkan Uang Dari YouTube

Memiliki 1000 Subscriber Dan 4000 Jam Waktu Tonton

Tampaknya pihak YouTube sedikit memperketat syarat bagi channel YouTube yang dapat menayangkan iklan sebagai pemasukan Youtuber. Untuk mendapatkan izin menayangkan iklan di channel YouTube, Anda diwajibkan setidaknya memiliki 1000 subscriber dengan 4000 jam waktu tonton (watch time) selama 12 bulan terakhir video yang Anda upload di YouTube.

Peraturan ini dimaksudkan untuk menyaring pihak-pihak pembuat yang tidak bertanggung jawab dengan meniru konten para content creator lain atau membuat konten video yang tidak bertanggung jawab. Hal ini dilakukan perusahaan YouTube karena sering mendapat laporan mengenai maraknya video yang mengandung kontroversi oleh berbagai pihak terkait.

Di kurasi Secara Manual

YouTube juga mensyaratkan dengan cara mengubah cara seleksi konten di berbagi channel yang termasuk Google Preferred, sebuah program khusus menangani penayangan iklan premium untuk para pemilik channel populer. Channel tersebut akan

dipantau secara manual oleh kurator manusia agar dapat dinilai pantas atau tidak untuk diberikan izin penayangan iklan.
Tiap video pada suatu channel di YouTube akan diperiksa dan mendapat verifikasi khusus dari YouTube sebagai tanda lolos seleksi yang ditetapkan pihak YouTube untuk menayangkan iklan premium. Tujuan pemantauan yang lebih ketat ini untuk menghindari kasus konten video-video yang sempat viral dan tidak pantas untuk dipertontonkan kepada masyarakat.

Mampu Bersaing Dengan Channel Youtuber Lain

Tidak jauh berbeda dengan pekerjaan pada umumnya, dalam dunia digital seperti YouTube juga memiliki persaingan antar Youtuber. Anda harus dapat bersaing dengan para channel YouTube yang ada. Cari trademark dan target penonton Anda sendiri. Hal ini dinilai dapat membantu Anda memenuhi syarat utama yang diajukan oleh YouTube mengenai jumlah viewer.

Anda dapat memeroleh inspirasi dari channel Youtuber lain namun tidak diperkenankan untuk meniru konten yang dibuat. Anda bisa mendapat laporan pihak terkait mengenai pencurian ide dan konsep konten apabila tidak mencantumkan izin atau referensi pihak terkait. Cobalah untuk berpikir out of the box yang bernilai positif agar video Anda mendapatkan banyak viewer.

Menyambungkan YouTube ke Channel AdSense

Ketika Anda dapat mengaktifkan monetisasi pada YouTube, Anda harus melakukan associate dan approved AdSense account ke akun YouTube Anda. Anda akan menemukan fitur YouTube Analytical yang dapat Anda gunakan untuk melakukan track penghasilan Anda, yang mana Anda bisa dibayar apabila berhasil melengkapi dan memenuhi syarat YouTube Payment Treshold.

Nah, penjelasan mengenai syarat mendapatkan uang dari YouTube cukup jelas, bukan? Hal terpenting yang wajib Anda lakukan yaitu menjadi diri Anda sendiri dalam membuat konten di YouTube. Jangan menyebar berita hoax hanya untuk membuatnya viral. Mulailah untuk membuat konten yang positif untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan.

Share: