Mendapatkan Uang Dengan Ikuti Pemasaran Afiliasi

Mendapatkan Uang Dengan Ikuti Pemasaran Afiliasi – Percaya atau tidak kalau ada pekerjaan mudah dengan gaji tinggi di era millennial sekarang ini? Ya, tentunya pasti ada. Sekarang ini kamu mungkin banyak menemui beragam pekerjaan menggunakan platform internet, misalnya berjualan produk online atau menjadi influencer di media sosial. Tawaran mendapatkan banyak uang dari internet pasti menggiurkan bagi semua orang termasuk kamu.

Kamu ingin mencoba bisnis online namun tidak tahu bagaimana cara berjualan produk atau tidak pintar berbicara di depan kamera layaknya vlogger terkenal? kini ada solusi dari masalah tersebut yaitu bisnis pemasaran afiliasi. Apa itu pemasaran afiliasi? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. Check this out!

Informasi Umum Mengenai Pemasaran Afiliasi

Pengertian Pemasaran Afiliasi

Pemasaran afiliasi atau Affiliate Marketing adalah bisnis online dengan cara mengiklankan produk orang lain menggunakan platform internet. Apabila seseorang membeli produk yang kamu promosikan maka kamu akan mendapatkan komisi dari si penjual produk.

Cara Kerja Pemasaran Afiliasi

Seorang affiliate marketer bekerja sama dengan sebuah website pemasar untuk menjalankan bisnis ini. Website pemasar memberikan link produk kepada affiliate marketer untuk dipromosikan di berbagai platform internet. Website pemasar akan melacak setiap transaksi di sistem penjual afiliasi. Affiliate marketer mendapat komisi sekian persen dari setiap transaksi yang dilakukan.

Jumlah komisi yang kamu dapat tergantung banyaknya orang yang bertransaksi lewat link yang dipromosikan. Komisi yang kamu terima juga tergantung dari jenis transaksi yang dilakukan. Berikut adalah 5 jenis transaksi di pemasaran afiliasi sebuah produk atau jasa.

5 Jenis Transaksi Pemasaran Afiliasi

Pay Per Sale

Komisi ini kamu dapat apabila link produk yang kamu promosikan itu dibeli. Umumnya kamu akan mendapatkan komisi dalam bentuk percentage dari tiap produk yang terjual. Contohnya, apabila suatu produk terjual dengan harga 500 ribu dengan komisi 10 persen dari setiap penjualan maka komisi yang kamu dapat adalah 50 ribu.

Pay Per Leads

Komisi ini kamu dapat apabila ada seseorang yang melakukan pendaftaran atau mengisi formulir yang kamu promosikan. Umumnya website seperti toko online, berita harian, dan jurnal ilmiah memerlukan pendaftaran untuk bergabung menjadi anggota. Jumlah komisi kamu dapat tergantung dari jenis website dan tingkat kesulitan saat melakukan pendaftaran atau pengisian formulir.

Pay Per Call

Anda mendapat komisi dari setiap panggilan ke pemilik produk atau jasa yang kamu promosikan. Besarnya komisi berbeda-beda tergantung merek produk atau jasa dan perjanjian yang dibuat bersama-sama.

Pay Per Install

Produsen mobile applications sering menggunakan jasa afiliasi marketer untuk memasarkan aplikasi buatan mereka. Kamu akan mendapatkan komisi dengan mudah dari setiap aplikasi yang diinstall.

Pay Per Click

Jenis transaksi ini paling banyak dilakukan oleh affiliate marketer. Kamu akan mendapatkan komisi dengan mudah jika ada orang yang membuka link website tertentu yang kamu promosikan. Pay Per Click umumnya tidak memberikan komisi tinggi dibandingkan jenis transaksi lainnya.

3 Kelebihan Utama Bisnis Pemasaran Afiliasi

Tidak Perlu Membuat Produk

Tugas kamu hanya memasarkan produk orang lain tanpa harus terlibat proses pembuatan produk. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya produksi. Kamu dapat menjual produk apa saja sesuai keinginan dan selera. Kamu sangat untung dari segi biaya, waktu, dan tenaga.

Fleksibel

Kamu tidak perlu datang ke kantor atau menemui konsumen secara langsung untuk melakukan bisnis ini. Kamu hanya perlu menggunakan laptop atau hand phone dan jaringan internet. Kamu dapat melakukan promosi produk di mana saja dan kapan saja.

Minim Risiko

Apabila kamu hanya mendapat profit kecil atau tidak laku dalam menjual produk maka kamu hanya perlu membuang dan mengganti dengan produk baru. Kamu juga tidak akan mendengarkan keluhan konsumen terhadap produk yang dipromosikan.

Setelah kamu mengetahui kemudahan dalam mendapatkan uang di internet lewat bisnis pemasaran afiliasi maka langkah selanjutnya adalah cara memulai bisnis ini. Simak tutorial step by step bisnis pemasaran afiliasi berikut ini.

Cara Memulai Bisnis Pemasaran Afiliasi

Mendaftarkan Diri Ke Affiliate Network

Sebagai calon affiliate marketer, kamu tidak akan berhubungan langsung dengan si pemilik produk atau jasa. Pemilik produk atau jasa biasanya bekerja sama dengan Affiliate Network. Website ini adalah perusahaan yang menghubungkan keduanya. Pemilik produk meminta affiliate network untuk mempromosikan produk di website pemasar dan selanjutnya mengirim link produk ke affiliate marketer.

Promosi Link Afiliasi

Setelah bergabung menjadi anggota di affiliate network, kamu bisa memperoleh link untuk kamu promosikan. Kamu mendapatkan komisi untuk setiap orang yang melakukan transaksi melalui link tersebut. Kamu dapat mempromosikan link produk di berbagai platform internet seperti blog, media sosial, forum, komentar di situs web, email, dan lainnya.

Waktu Mendapatkan Komisi

Setiap transaksi yang dilakukan melalui link yang kamu promosikan akan mendapat komisi. Affiliate network akan melacak dan mendata setiap transaksi yang dilakukan konsumen. Komisi yang didapat umumnya dibayar setiap sebulan sekali atau sesuai perjanjian dengan affiliate network. Kamu hanya perlu memberikan nomor rekening bank untuk mendapatkan komisi tersebut.

Bisnis pemasaran afiliasi itu mudah dan menggiurkan, bukan? Kamu hanya perlu duduk manis dan mengontrol strategi pemasaran di platform internet. Berikut ini adalah tips jitu agar bisnis pemasaran afiliasi kamu semakin banyak memberikan keuntungan.

Tips Jitu Pemasaran Afiliasi

Survey

Kamu harus mendapatkan informasi lengkap terlebih dahulu sebelum memulai bisnis ini. Kamu harus memulai dari memilih affiliate network terpercaya dan terkenal di kalangan bisnis pemasaran afiliasi. Langkah selanjutnya adalah melakukan survey produk atau jasa yang diminati pasar atau yang kamu sukai.

Siapkan Situs Web

Kamu harus memiliki website atau blog sendiri untuk melakukan pemasaran produk. Hal ini dianggap kamu lebih profesional dalam menjalankan bisnis. Akan lebih baik lagi kalau kamu membuat website dengan membeli domain atau hosting. Kamu juga dapat mengontrol dan meningkatkan pengunjung serta profit dengan menggunakan situs web sendiri.

Setelah membuat situs web sendiri maka langkah selanjutnya adalah mengisi situs web tersebut dengan content yang bermanfaat. Kamu harus mendedikasikan diri penuh membuat content yang nantinya diminati masyarakat.

Buat Testimoni Produk

Konsumen umumnya akan membeli suatu produk dengan membaca terlebih dahulu review produk tersebut. Kamu perlu mencoba produk itu sendiri agar konsumen percaya dengan apa yang kamu promosikan. Kamu dapat menaruh testimoni di blog, forum, dan media sosial kamu.

Atur Keuangan

Salah satu syarat sukses dalam berbisnis yaitu kemampuan mengatur keuangan. Kamu bisa mendapatkan profit lebih dengan pengelolaan uang yang baik. Kamu perlu membuat catatan tentang harga paket produk, stok produk, biaya administrasi, dan laporan perpajakan.

Bisnis pemasaran afiliasi sedang naik daun di bidang bisnis online. Berbagai kemudahan dan keuntungan ditawarkan di dalam affiliate marketing. Mendapatkan uang melalui bisnis ini sangat menggiurkan, bukan? Silahkan mencoba.

Baca Juga Cara Mendapatkan Uang dengan Cepat