Inilah Trik Rahasia Untuk Jadi Youtuber Sukses di Indonesia

 

Inilah Trik Rahasia Untuk Jadi Youtuber Sukses di Indonesia – Di era yang serba internet seperti saat ini, kamu memang dituntut untuk bisa berpikir kreatif agar bisa mendapatkan uang. Salah satu profesi yang dianggap begitu keren di kalangan anak-anak muda milenial adalah menjadi Youtuber.

Yap, Youtuber atau para pembuat konten video di platform Youtube ini bahkan nggak bisa diremehkan karena mereka bisa meraup ratusan juta hingga miliaran rupiah per bulan cuma dari posting video! Namun untuk jadi Youtuber sukses, ada beberapa trik rahasia yang harus kamu perhatikan.

6 Trik Rahasia Jadi Youtuber Indonesia Yang Sukses

Bikin Nama Channel Menarik

Hal paling mendasar yang harus kamu lakukan agar bisa memanen uang dari Youtube adalah harus punya channel Youtube. Bikin dulu akun Google dan kemudian masuk ke Youtube dan langsung bikin channel. Alih-alih memakai nama aslimu, channel Youtube yang populer dan sukses justru memiliki nama yang unik dan penasaran.

Sebut saja salah satu raja channel Youtube dunia yang meraup miliaran rupiah lewat video-videonya yakni PewDiePie, padahal nama aslinya adalah Felix Kjellberg. Atau mungkin jika di Indonesia ada channel Reza Arap, Ria Ricis, Bayu Skak sampai Tim2One yang namanya menarik. Nama channel ini akan dipakai selamanya dan jadi identitasmu di Youtube sehingga harus dipikirkan matang.

Konten Harus Unik

Tentukan dulu target penontonmu, agar kamu dapat membuat video yang sesuai entah tutorial, unboxing, mukbang, parodi atau vlog. Jangan lupa untuk melengkapi deskripsi dan tag video serta judul pengundang klik. Pilih thumbnail dengan paduan tulisan dan gambar menarik. Pahami kalau tujuan orang ke Youtube adalah cari info atau hiburan sehingga kamu bisa bikin konten unik.

Jadi Sosok Simpatik

Menjadi diri sendiri memang perlu. Namun jangan sampai berlebihan dan meninggalkan hal-hal positif. Apalagi jika kamu ingin jadi Youtuber yang benar-benar butuh penonton, cobalah jadi sosok simpatik. Mayoritas penonton menyukai Youtuber yang apa adanya seperti contohnya Bayu Skak dengan logat Jawa atau Edho Zell yang tampak begitu humoris.

Kuantitas – Kualitas Sejalan

Kunci konsistensi Youtuber adalah pada kuantitas video. Sehingga kamu wajib punya jadwal kapan posting video agar tetap subscriber bertambah. Jika sudah banyak videonya, kategorikan dalam menu PLAYLIST. Tentunya makin banyak video yang dirilis, kualitasnya juga harus makin bagus. Tak perlu kamera mahal, tapi kamu bisa mempelajari cara edit video dan cara syuting video yang bagus.

Rajin Promo

Ingin videomu punya banyak penonton? Maka jangan malas untuk promo. Promo bisa dilakukan di media sosial tapi jangan sampai spam. Kamu juga bisa mengajak Youtuber lain berkolaborasi supaya jumlah subscriber meningkat. Rajin balas komentar para penonton dan selalu ajak mereka untuk share atau ikut berpendapat di setiap video demi meningkatkan jumlah penonton berkualitas.

Pahami Algoritma Youtube

Inti dari mendapatkan uang di Youtube adalah membuat akun Google AdSense. Hanya saja supaya bisa memperoleh uang, wajib tahu algoritma perhitungannya. Ingat bahwa Youtube menghitung view dari waktu kunjungan minimal setengah durasi video. Tak perlu harus jutaan views, karena intinya penonton harus lebih dari setengah durasi video agar konten Anda ada di daftar teratas pencarian.

Di tahun 2018, Google mengubah kebijakan di mana iklan AdSense hanya bisa dipasang kalau channel-mu punya minimal 1.000 subscriber dan 4.000 jam video yang sudah ditonton. Pastikan kamu memilih metode pembayaran yang sesuai untuk mencairkan uang dari AdSense. Dengan tetap semangat dan konsisten mengikuti rahasia di atas, kamu bisa jadi Youtuber sukses.

Baca Juga Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Share: